Jangan terlalu matre jadi blogger

Pernah tidak,sobat njongeblog singgah disebuah blog terutama blog yang notabenya blog download. Apa yang kalian lihat setelah masuk ke situs atau blog yang menyediakan file yang kalian cari tersebut?. Yang pertama mungkin iklan yang bertebaran kesana kemari. Tidak semua sih,tapi sebagian besar seperti itu,apalagi platformnya blogspot.

Kita tahu bahwa blog yang kategorinya Download (mp3,video,software) ataupun file-file yang notabenya memiliki hak cipta itu tidak bisa dipasang iklan PPC dari adsense. Kalau nekad memasang kode iklan dari adsense itu namanya bunuh diri. Siap-siap akunnya di banned :D .

Selain iklan banner,biasanya yang digunakan untuk memonetise blog adalah iklan Popup. Iklan seperti ini biasanya iklan CPM,yang mana akan dibayar per 1000 impresi. Blog kategory download memang trafiknya lebih tinggi dibanding blog personal. Apalagi kalau yang berbau gratisan.
blog menghasilkan uang

Saya pernah mengunjungi sebuah blog,waktu itu saya mau download sebuah software. Saya bingung banyak gambar-gambar download,berkedip-kedip lagi. Karena sudah terbiasa bermain internet, sayapun gak mungkin terjebak antara file download dengan iklannya. Begitu saya klik nama filenya,muncullah iklan yang memenuhi halaman blog dan iklan baru di tab baru. Kemungkinan si pemilik blog memasang 2 iklan CPM.

Setelah saya klik nama file download tersebut,saya tahu link itu adalah adf.ly,saya tunggu detikannya. Kemudian saya klik deh itu tulisan skip ad. Saya mengira setelah saya lewati adf.ly bakalan langsung download,eh masih ada satu lagi di adfoc,terpaksa deh nunggu lagi karena memang lagi butuh kala itu.

Setelah skip ad di adfoc,ternyata masih ada harapan dolar lagi yaitu situs PPD atau pay per download. Haduh,saya membuat analisa sendiri setelah itu,bagaimana kalau per harinya ada 10 ribu orang yang tlaten seperti saya. Pasti kaya tuh admin :D. Bayangkan saja,satu blog ada 5 jenis iklan yang dipasang.

Tapi apakah mungkin,pengunjung bakal seperti saya semua?,apa mereka tidak lari ke blog lain yang mungkin lebih nyaman?. Entahlah,yang pasti-pasti saja,jangan terlalu memfokuskan satu blog untuk di monetise dengan berbagai macam iklan. Kalau nasib tidak bagus bisa langsung dihapus google nanti. Semoga sobat njongeblog tidak over monetise blog seperti yang saya tuliskan diatas,cukup 1/2 saja jenis iklan yang dipasang dalam satu blog. Jadikan kenyamanan pengunjung adalah keutamaan blogger.

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel kami,semoga bermanfaat dan salam blogger