Cara Mudah Agar Blog Tidak Bisa Dicopas

Cara mudah agar blog tidak bisa di copas. Untuk melindungi hasil karya kita sendiri yang kita publikasikan ke dalam blog,ada banyak cara supaya artikel yang kita miliki tidak bisa di copy paste. Sebenarnya tidak 100% bisa bebas dari tindakan plagiator karena canggihnya teknologi saat ini. Namun dengan cara yang sederhana berikut ini sudah cukup rasanya untuk melindungi artikel kita dari tindakan copasser.
Cara mudah agar blog tidak bisa di copas

Kebanyakan copasser (orang yang suka copas) itu biasanya blogger pemula,tapi ada juga blogger lama yang juga masih miskin kreativitas. Mereka akan meng copy artikel yang dirasa sangat menarik dan berbobot untuk dibaca. Apa tujuannya?,tidak lain adalah karena uang. Ya,uang lah yang membuat banyak pemilik blog membabi buta mencari artikel keren dari blog lain yang kemudian mereka copy lalu mempaste kannya kedalam blog yang mereka kelola.

Dengan begitu,kemungkinan besar akan mendapatkan banyak pengunjung yang membaca dan tanpa disadari apa yang pengunjung baca tersebut merupakan artikel copas. Ironisnya lagi berdasarkan pengalaman pribadi saya,artikel copas bisa menduduki peringkat yang lebih baik dari artikel aslinya.

Jujur,saya dulu waktu mula-mula ngeblog juga suka copas,tapi tetap saya cantumkan link asli dari artikel aslinya. Namun semakin lama saya merasakan percuma saja jadi blogger kalau masih suka copas,rasanya tidak kreatif. Saya memang tidak pintar tapi ada satu perkataan dari salah satu blogger ternama di Indonesia yang bilang "Jadi blogger tidak harus pinter,yang penting kreatif dan inovatif".

Nah dari situlah saya mulai merubah kebiasaan saya,saya mulai membuat artikel sendiri,asli meskipun penataan bahasa dan kalimatnya masih belepotan seperti ini. Kemudian merubah pola Copas menjadi rewrite atau menulis ulang menggunakan bahasa kita sendiri namun intinya tetap sama. Ternyata dengan begitu hasilnya di search engine sangat bagus,banyak artikel blog saya berada di halaman awal pencarian di google search engine.

Rasanya punya artikel sendiri itu sangat puas,namun akan sangat kesal jika ada plagiator datang lalu mengutip satu persatu dari blog kita untuk blog mereka. Nah dari situlah saya mulai menutup akses untuk klik kanan di blog. Caranya adalah sebagai berikut ini.

Buka akun blog kalian lalu pilih menu Template kemudian edit template kalian ke dalam mode HTML.Kemudian cari kode <body> lalu hapus kode tersebut dan ganti dengan kode dibawah ini.

  

Karena blog ini juga saya non aktifkan fungsi klik kanan,cara meng copynya tinggal kalian sellect dari awal sampai akhir lalu tekan tombol Ctrl+C pada keyboard.

Lalu klik save template dan lihat hasilnya,kode diatas berguna untuk mematikan fungsi klik kanan saja. Kelemahannya masih bisa di copy dengan menggunakan teknik lain dan dari perangkat selluler. Namun sudah sedikit membantu untuk meminimalisir tindakan duplikat konten.

3 komentar

mau tanya, nylentang !. Jika artikel kita di copas orang dan pada waktu itu ada iklan adsense.


Apa itu melanggar TOS ?

Reply

maksudnya bagaimana ya?,yang ada adsense nya blog kita atau blog yang copas?,kalau blog kita gak masalah nah kalau yang copas tinggal laporin aja ke DMCA gugel :D

Reply

mantap dah artikelnya kawan
http://aromaessen.com

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel kami,semoga bermanfaat dan salam blogger