Cara Menggunakan GIMP (Tutorial Dasar GIMP)

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang software editing foto yang satu ini,saya akan membuat tutorial khusus tentang cara penggunaannya untuk kalian yang sedang belajar edit foto.Mungkin bagi yang pertama kali menggunakan software ini akan mengalami kesulitan,bingung tentang bagaimana cara mengaplikasikannya.

Disini saya akan buat cara praktis dan termudah versi saya sendiri yang insyaallah dapat mempercepat kemampuan kalian dalam menguasai software edit foto ini.Saya akan membahas sedikit demi sedikit mengenai tootl-tool yang terpenting yang harus kalian kuasai terlebih dahulu. Jika tool dasar sudah kalian hafal maka tool lain yang terdapat di dalam software ini akan lebih mudah kalian pahami.

Baiklah untuk yang pertama tentang cara memasukkan foto dan simpan foto hasil editan dari gimp image editor.

1.Pertama tentang cara memasukkan gambar atau foto untuk di edit.Buka software gimp yang sudah kalian miliki lalu klik menu File yang terdapat di bagian kiri atas pada software gimp kemudian pilih Open. Perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Menggunakan GIMP (Tutorial Dasar GIMP)

Karena masih dasar,saya hanya akan menjelaskan tentang 4 menu dari tampilan gambar diatas.

  • Open-Artinya untuk membuka file gambar/foto yang mau kita edit
  • Open as Layer-Artinya jika kita ingin menggabungkan beberapa foto menjadi satu didalam satu tampilan
  • Open Recent-Membuka foto yang sudah pernah kita edit sebelumnya,atau history nya
  • Export-Untuk menyimpan foto hasil editan kita supaya bisa dilihat di perangkat baik laptop maupun hp,jika kalian klik Save maka hasilnya hanya akan bisa dilihat pada software gimp tersebut.Jadi pilih Export untuk menyimpan hasil editan kita.

2-Untuk selanjutnya tentang menu tool penting satunya yaitu seperti gambar dibawah.
Cara Menggunakan GIMP (Tutorial Dasar GIMP)

Gambar diatas posisinya berada di sebelah kiri atas pada gimp,itu merupakan alat untuk memotong gambar,mewarnai,memperbesar,memperkecil ukuran gambar dan sebagainya.Nah dari tool diatas yang terpenting menurut saya adalah Free Sellection tools seperti yang saya beri tanda kotak merah diatas.

Fungsi dari free sellection tools diatas adalah untuk memotong bagian dari foto jika kita ingin melakukan manipulasi terhadap foto yang akan kita edit.Contohnya dalam mengganti background foto,memberi sayap pada foto,menggabungkan foto kalian dengan foto artis dan lain sebagainya.Tool itu sangat utama dibanding dengan tool yang lainnya.

Untuk cara mengaplikasikannya bisa kalian ikuti tutorial-tutorial tentang edit foto menggunakan gimp yang akan saya buat di blog ini.Silahkan cari saja tutorial-tutorialnya supaya lebih memahami dan lebih menguasainya lagi.

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel kami,semoga bermanfaat dan salam blogger