Penyebab Paket Data Cepat Habis di Android

Paket data Anda cepat habis dikarenakan ada banyak aplikasi yang berjalan di belakang.Berdasarkan hasil penelitian terbaru tim Opera Max yang dilakukan terhadap jutaan pengguna Opera Max, rata-rata lebih dari 30% dari keseluruhan penggunaan data digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang. Misalnya seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Gmail menguras paket data seluler saat bekerja di belakang layar. 

Hasil temuan ini didasarkan pada data agregat statistik anonim di kalangan pengguna Opera Max pada bulan Desember 2015. Facebook Messenger dan Gmail adalah aplikasi yang paling ‘haus data’, dengan hampir 73% dari total penggunaan data mereka terjadi di latar belakang. Google Drive dan WhatsApp menunjukkan lebih dari 50% penggunaan background data.
Penyebab Paket Data Cepat Habis di Android

Mengapa penggunaan background data menjadi masalah? Background data atau penggunaan data di belakang layar adalah semua lalu lintas internet yang terjadi di saat Anda tidak benar-benar menggunakan aplikasi, misalnya,sinkronisasi email, pengambilan awal iklan, artikel berita atau feed meskipun mungkin Anda tidak membacanya. Jika Anda menggunakan background data dengan paket data Anda, itu seperti membuang Rp.30.000 dari setiap Rp.100.000 yang Anda habiskan untuk paket data seluler Anda." kata Sergey Lossev, Product Manager di Opera Software".

Kebanyakan orang tidak menyadari fakta bahwa background data ini menguras data dan tentunya tidak dengan sadar mengizinkan hal itu terjadi, mereka pun juga tidak tahu bagaimana cara menghentikan hal itu terjadi 'tambah Lossev'. Untuk itu diperlukan aplikasi yang dapat mengatur penggunaan data pada ponsel agar tidak membuat paket data Anda cepat habis.
Penyebab Paket Data Cepat Habis di Android

Misalnya seperti aplikasi Smart Alerts. yang dapat membantu Anda dengan mudah mengatur penggunaan data latar belakang Anda, serta mendapatkan tips tentang cara untuk mencegah aplikasi dari menghabiskan paket data Anda. Bagaimana Smart Alerts Bekerja? Opera Max Smart Alert secara otomatis mengidentifikasi aplikasi mana yang menggunakan banyak data di latar belakang.

Opera Max kemudian memberitahu Anda tentang cara mengelola aplikasi yang haus data ini, memberikan Anda solusi sangat mudah yaitu dengan hanya dua kali sentuh untuk memblokir aplikasi dari menggunakan data seluler Anda. Opera Max akan mengeluarkan Smart Alerts ketika mendeteksi penggunaan background data yang berlebihan hingga lebih dari 10 MB per minggu.
Penyebab Paket Data Cepat Habis di Android

Pengingat ini akan muncul di dalam Opera Max sebagai kartu dalam "Timeline penggunaan data", kartu di "manajemen App" dan di bar pemberitahuan OS, untuk membantu lebih baik mengelola konsumsi background data. Pengguna juga akan mendapatkan pop-up ketika Opera Max mendeteksi penggunaan background data yang berat dalam waktu cepat.

Sumber:CHIP.co.id
Penulis : Kama Adritya

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel kami,semoga bermanfaat dan salam blogger