Pentingnya deskripsi penelusuran di blogger

Deskripsi penelusuran atau site preference ini merupakan bagian dari SEO blog yang merupakan tips SEO paling dasar yang kadang diabaikan oleh blogger pemula. Menu pengaturan deskripsi penelusuran ini berada tepat disamping kolom postingan blogger atau berada diantara menu Lokasi dan Pilihan. Namun untuk pengaturan default blogger,menu ini biasanya tidak ada.

Nah untuk mengaktifkan fitur ini caranya tinggal pergi ke pengaturan di blogger kalian,kemudian pilih Setelan/setting lalu pilih lagi yang Preferensi penelusuran. Dihalaman tersebut ada beberapa setelan,biarkan saja yang lainnya jika belum paham. Perhatikan tulisan Tag meta paling atas kemudian Aktifkan fitur tersebut. Silahkan isi deskripsi blog kalian,sebagai contoh di isi dengan satu kalimat yang tidak boleh lebih dari 150 huruf "Blog tentang blogging dan bisnis online".

Sampai disini pengaturan deskripsi penelusurannya sudah selesai,sekarang tinggal buat postingan baru. Kemudian jika sudah selesai menulis postingannya,isi label, tautan permanen jika mau setting URL,tapi biarkan saja juga tidak apa-apa,lokasi bisa diisi juga biarkan saja juga tidak apa-apa. Nah sekarang isi pada bagian deskripsi penelusurannya.Isi dengan kata kunci dari artikel yang kalian buat. Sebagai contoh artikel di blog ini tentang "Bukti pembayaran propellerads" deskripsi penelusurannya adalah seperti berikut.
Pentingnya deskripsi penelusuran di blogger
sorry,penulisan payment proff nya kurang t ;)

Setelah itu klik simpan lalu artikel bisa langsung di publikasikan. Tujuan dari pengaturan ini adalah,berdasarkan pengalaman pribadi saya bahwa yang di indek pertama oleh google itu adalah deskripsi penelusurannya yang terlihat dibawah judul artikel. Sedangkan isi kalimat dari dalam artikel blog tersebut akan terlihat beberapa jam/hari kemudian. Seperti ini contohnya hasil pertama kali google mengindek postingan tersebut.
Pentingnya deskripsi penelusuran di blogger

Itu terjadi hanya dalam waktu sementara saja untuk menyesuaikan posisi dengan saingan yang lain. Kemungkinan bisa naik ke posisi yang lebih bagus,namun juga bisa tergeser ke posisi bawah jika ada persaingan yang lebih kuat.

Ini merupakan sebuah seni yang cukup unik dan cukup menantang dalam dunia blogging. Kedudukan posisi artikel dan pergeseran artikel blog itu sudah biasa. Namanya juga dunia online yang semua orang menginginkan blognya berada pada posisi terbaik di mata google atau mesin telusur. Selamat berkarya dan tetap semangat pantang menyerah.

3 komentar

Google kadang mengambil kata kunci berdasarkan deskripsi penelusuran, atau juga dari isi posting.. Deskripsi penelusuran sangat penting untuk bersaing di mesin pencarian ya

Reply

biasanya pengindekan pertama begitu mas,berdasarkan penelitian saaya sendiri :D

Reply

kalau menurut saya berdasarkan statistic blog, kata yang di serp kebanyakan dari isi posting yang dibold...mangkannya saya suka menambahkan kata kunci dengan huruf bold...

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel kami,semoga bermanfaat dan salam blogger