Deindek,penyakit blog yang bikin galau

Deindek atau artikel hilang dari search engine ini memang bikin galau. Yang belum pernah mengalami kejadian seperti ini hebat. Ketika artikel yang sudah kita publikasikan dan menempati pisisi yang bagus di serp selama berbulan-bulan bahkan bisa sampai lebih dari satu tahun yang membuat blog kita dibanjiri pengunjung tiba-tiba hilang begitu saja dari hasil pencarian. Mungkin jika satu atau dua artikel hilang dari serp itu seperti tidak ada efek yang signifikan,tapi kalau semua artikel bahkan url blog kita menghilang begitu saja dari serp,tentu akan membuat resah dan mengurangi rasa semangat untuk ngeblog kembali.

Deindek ini belum terlalu parah,masih bisa dikembalikan seperti sedia kala,hanya butuh proses saja. Mungkin sekitar 1-4 mingguan artikel yang semula menghilang bisa menempati posisi semula,walau tidak semua. Pergeseran posisi di serp itu sudah biasa karena persaingan konten dan reputasi blog itu sendiri. Asalkan konten atau blognya belum dihapus oleh pihak google, masalah deindek seperti ini masih bisa diatasi.

Selain Deindek,penyakit blog lain yang meresahkan blogger adalah google sandbox. Kedua istilah tersebut berbeda pengertiannya,selebihnya bisa kalian pelajari di google. Disini saya hanya ingin berbagi tentang pengalaman pribadi yang mengalami blog deindek dan hilang seluruhnya dari google search engine.

Penyebab terjadinya deindek dipengaruhi oleh beberapa faktor,diantaranya adalah karena Optimasi kata kunci yang berlebihan, terlalu banyak iklan,duplikat konten dan iklan popup maupun popunder yang mengganggu. Saya ingat persis blog saya waktu itu saya pasang iklan popup ditambah iklan banner. Tahu sendiri kan bahwa iklan popup itu hasilnya gedhe dibanding iklan banner. Maklum masih ababil dan hanya berpikir ambil keuntungan cepat saja.

Tiba-tiba di suatu pagi saya cek statistik blog setelah kurang lebih pasang iklan dalam waktu 1 bulan percobaan. Hasilnya memang gedhe,tapi statistik blog saya jadi parah banget. Semula bisa diatas 10rb pv/hari,saat itu hanya seribuan/hari. Sungguh membuat galau dan hampir putus asa saya dibutnya. Lihat statistik blog saya kala itu dibawah ini.
Deindek,penyakit blog yang bikin galau

Semenjak blog saya down,selama satu minggu saya gak update. Males banget  rasanya karena merasa seperti tidak ada gunanya bikin postingan tiap hari,membangun,optimasi dan lainnya tapi yang didapat malah yang terburuk. Berhari-hari,berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun membangun blog yang sudah memiliki banyak pengunjung tiba-tiba down begitu saja,siapa juga yang tidak galau.

Namun karena saya punya banyak teman blogger yang welcome,lantas saya minta saran dan bantuan meski hanya melalui pesan teks. Dari situ saya mendapatkan beberapa tips yang saya terapkan dan alkhamdulillah berhasil. Tipsnya hanya sederhana saja,yaitu lepas iklan total dulu,submit ulang sitemap nya,posting rutin seperti biasa dan edit beberapa struktur template maupun widget blognya.

Pelan-pelan sambil blogwalking seperti biasa,satu per satu artikel yang hilang mulai kembali lagi di posisi awal. Ada yang naik tapi ada juga yang tergeser dengan blog lain. Ini statistik setelah satu bulan bangun dari tidurnya.
Deindek,penyakit blog yang bikin galau
Dengan demikian,performa blog saya yang itu saat ini sudah kembali normal dan tetap update setiap hari. Banyak penyakit blog yang akan menghantui para blogger,asalkan blogger itu sendiri tidak tertular penyakitnya,saya yakin semua masih bisa diatasi. Jangan lupa untuk selalu mem backup artikel jika sudah memiliki banyak artikel yang dibuat. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kegalauan akibat kejadian yang tidak di inginkan.

1 komentar:

mantap dah artikelnya kawan qu...
http://aromaessen.com

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel kami,semoga bermanfaat dan salam blogger