Cara mengganti warna template blog dengan GIMP

Cara mengganti warna template blog- Mengganti warna template blog bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan dan kebosanan ketika melihat warna tampilan pada blog kita yang itu-itu saja. Selain itu juga supaya terlihat berbeda jika template yang kita gunakan merupakan template hasil karya orang lain yang secara umum juga digunakan oleh blogger lain.

Berikut ini saya buatkan sebuah tutorial sederhana dan mudah dipraktekkan jika kalian tidak hafal dengan kode-kode warna HTML. Namun setidaknya juga kalian harus mengerti tentang tata letak atau layout sebuah blog. Seperti yang umum saja misalnya header blog,sidebar,page, footer, dan juga body. Tujuannya supaya lebih mudah dan tepat sasaran dengan bagian template yang akan kita rubah warnanya. Karena jika ada beberapa bagian template blog yang memiliki kesamaan warna,maka akan sulit jika kurang mengerti tentang layout blog.

Untuk pengeditan warna template berikut ini saya menggunakan software editing foto yang bernama GIMP. Jika kalian punya photoshop atau software editing foto yang lain yang mampu mendeteksi warna dengan menghasilkan sebuah kode warna HTML juga bisa kalian gunakan supaya tidak download lagi. Silahkan ikuti tutorial berikut ini:

1. Pertama-tama buka dulu halaman blog kita,kemudian capture halaman blog tersebut dengan cara klik fn+sys rq+prt sc jika laptop kalian lawas seperti laptop saya,namun jika laptop kalian merupakan keluaran tahun 2009 keatas biasanya hanya menggunakan satu tombol saja yaitu prt sc sys rq

Cara mengganti warna template blog

2. Kemudian klik Menu-Paint, maka nanti akan terbuka software paint tersebut lalu klik paste dan kemudian simpan kedalam drive laptop kalian.
Cara mengganti warna template blog

3. Langkah selanjutnya sekarang buka software editing fotonya (GIMP),klik File-Open, Tampilan template sudah masuk,sekarang kita sorot bagian yang akan kita ganti warnanya. Disini saya akan mengubah warna pada template blog ini pada bagian header blognya. Gunakan tool Color Pickertool seperti berikut.

Cara mengganti warna template blog


Arahkan cursor ke bagian yang akan kita ganti warnanya (disini saya akan mengganti warna pada menu wrapper nya). Perhatikan langkah pada gambar dibawah ini, Klik pada bagian menu diatas Fonts pada gambar dibawah ini yang saya beri tanda panah.

Cara mengganti warna template blog



4. Kemudian nanti akan terbuka jendela baru seperti gambar berikut.

Cara mengganti warna template blog


5. Sekarang kode warna yang kita sorot sudah dapat,silahkan Copy kode tersebut lalu buka kembali blogger.com dan pilih Template-HTML. Setelah itu klik Ctrl+F dan pastekan kode warna tadi kedalamnya lalu klik Enter,maka akan terlihat secara otomatis warna bagian template yang kita pakai. Seperti gambar berikut ini.
Cara mengganti warna template blog

6. Sekarang tinggal kalian ganti kode warna tersebut dengan warna kesukaan kalian.  Untuk melihat kode warna bisa dengan GIMP tadi,arahkan saja kursornya pada langkah ke 4 diatas untuk mencari kode warna yang lain.

Semoga membantu dan memudahkan bagi kalian yang ingin mengganti tampilan warna pada template blog yang kalian gunakan.

1 komentar:

thanks gan.. sangat bermanfaat

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca artikel kami,semoga bermanfaat dan salam blogger